Home Kampus Aquatic Center IPB University, Kolam Pendidikan Diving dan Robotic Bawah Laut

Aquatic Center IPB University, Kolam Pendidikan Diving dan Robotic Bawah Laut

google.com

Agrozine Aquatic Center IPB University adalah kolam pendidikan untuk kompetensi diving dan robotik bawah laut bagi warga IPB University. Rektor IPB University, Prof Arif Satria meresmikan Aquatic Center ini pada 12 Januari 2023 di Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Menurut Prof Arif Satria, aktivitas di Aquatic Center bukan sekadar sport biasa, tetapi untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Ini adalah kolam pendidikan, terutama bagi sivitas akademika dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK). Harapannya, dengan adanya Aquatic Center, kompetensi sivitas akademika FPIK semakin meningkat karena fasilitasnya sudah semakin lengkap.

Aquatic Center IPB University juga memberikan pelayanan umum kepada publik yang tertarik untuk belajar diving dan sertifikasi.  Rencana pembangunan Aquatic Center ini telah diinisiasi pada masa kepemimpinan Rektor Prof Herry Suhardiyanto. Kala itu, Aquatic Center diperlukan sebagai pemenuhan bersyarat ditetapkannya akreditasi Internasional Program Studi Ilmu dan Teknologi Kelautan (Marine Science and Technology) oleh IMarEST (Institute of Marine Engineering, Science & Technology).

Pengelolaan Aquatic Center ini di bawah koordinasi Unit Olahraga dan Seni IPB University. Dalam pengembangan program kegiatannya, Unit Olahraga dan Seni bersinergi dan berkolaborasi dengan FPIK dan unit terkait. Beberapa mata kuliah terkait yang menggunakan kolam pendidikan ini adalah selam ilmiah, robotika kelautan, kepelautan, metode investigasi dan observasi bawah air.
Kebutuhan akan tempat untuk latihan selam, uji coba alat, rancang bangun robot bawah air, latihan survival, dan latihan pertolongan di laut dapat terfasilitasi dengan keberadaan Aquatic Center ini.

Struktur kolam untuk kebutuhan mata kuliah didesain dengan ukuran 25 x 25 meter dan kedalaman 2 – 3 meter. Kolam ini bisa digunakan untuk latihan menggunakan alat selam dan manuver robot bawah air maupun uji fungsi rancang bangun instrumen bawah air.

Selain untuk kegiatan utama, yaitu pendidikan, pelatihan dan sertifikasi kompetensi, Aquatic Center juga dibuka untuk umum, tetapi khusus untuk orang yang sudah mahir berenang. Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lingkungan (K3L) pada Aquatic Center menjadi prioritas tim pengelola dalam melakukan operasionalisasi pelayanan kegiatan untuk sivitas akademika maupun masyarakat umum. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here