Home Biodiversitas Ayam Shokoku, Nenek Moyang Ayam Berekor Panjang Jepang

Ayam Shokoku, Nenek Moyang Ayam Berekor Panjang Jepang

aucfree.com

Agrozine.id – Negara Jepang memiliki ayam hias lokal yang unik, yaitu ayam-ayam ekor panjang yang ekornya bisa mencapai 10 meter lebih. Ayam Shokoku  merupakan salah satu ayam ekor panjang di Jepang. Ayam bersosok anggun ini diyakini masyarakat Jepang sebagai nenek moyang dari ayam ekor panjang lainnya, seperti ayam onagadori, minohiki, satsumadori, dan totenko.

Konon, ayam cantik ini dibawa dari Cina ke Jepang sekitar 2000 tahun yang lalu. Nenek moyang ayam jenis ini diperkenalkan ke Jepang selama Era Heian (794 -1192). Selama Era Heian, ayam ini digunakan untuk sabung ayam. Namun, sekarang ini hanya digunakan untuk menikmati warna dan sosoknya yang indah. Ayam ini merupakan salah satu ras yang digunakan untuk membangun ayam keturunan asli Jepang lainnya.

Ayam shokoku memiliki ciri bulu yang indah, ekor yang panjang, dan bulu sadel yang jatuh ke tanah. Ayam ini merupakan jenis ayam yang berkokok panjang, tapi tidak sepanjang kokok ayam gashiwa, koeyoshi, tomaru, dan totenko. Ayam shokoku jantan berbobot 2 kg dan betinanya 1.6 kg.

Sifat unggul ayam shokoku, terutama suara dan ekornya, diturunkan pada keturunan berikutnya seperti totenko dan koeyoshi, yang dikenal dengan kokok panjangnya yang berlangsung sekitar 15 detik. Bulu ekor panjangnya menurun pada ayam onagadori.

Di Jepang, ayam shokoku merupakan jenis ayam populer yang dipelihara oleh warga Jepang. Ayam ini memiliki banyak variasi di setiap daerah di mana ayam itu dibesarkan. Walau banyak variasi, Ayam ini memiliki ciri khas muka merah, telinga merah, dan kaki kuning. Jika warna kaki berbeda, bisa dikatakan ayam itu hasil silangan dengan ayam ras lain.

Ayam ini memiliki standar ayam show Jepang, seperti ekor minimal 90 cm, memiliki wajah merah, dan rawis harus menyisir menyentuh tanah. Black-breasted silver atau silver duck-wing adalah variasi warna yang paling populer dan umum, tetapi terdapat juga variasi warna putih.

Ayam shokoku banyak dipelihara di wilayah Prefektur Mie dan Kyoto. Selain sebagai ayam hias, ayam ini juga dimanfaatkan sebagai ayam pedaging. Ayam ini mudah sekali mengerami telurnya dan merupakan induk yang luar biasa dalam menjaga dan merawat anaknya.

Demikian penjelasan tentang ayam shokoku. Tertarik untuk memeliharanya? Semoga kamu bisa ikut melestarikan ayam istimewa ini. (das)

Yuk, tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here