Home Perikanan Ikan Trout, Ikan Lezat Berprotein Tinggi, Setara Ikan Salmon

Ikan Trout, Ikan Lezat Berprotein Tinggi, Setara Ikan Salmon

indianexpress.com

Agrozine.id – Ikan trout merupakan salah satu ikan air tawar yang layak diperhitungkan nilai ekonominya. Ikan tinggi protein ini memiliki popularitas yang tinggi, terutama di industri kuliner mancanegara. Ikan ini sering disetarakan dengan salmon lantaran kelezatan dan manfaat yang diperoleh. Kedua ikan ini sering dimasak dengan cara yang sama dan dapat menggantikan satu sama lain dalam berbagai resep masakan.

Perairan yang menjadi habitat ikan trout menandakan bahwa perairan tersebut jernih dan sehat. Ikan ini mudah ditemukan di perairan Indonesia karena memang bisa beradaptasi dengan suhu perairan negara tropis.

Ikan trout termasuk dalam famili Salmonidae yang tinggal di perairan dingin. Ikan ini biasanya ditemukan dalam wilayah sungai dan danau bersuhu 50-60 °F atau 10-16 °C. Sebagian spesies menjalani hidupnya di laut. Trout muda yang disebut sebagai troutlet, troutling atau fry terdistribusi secara alami ke seluruh Amerika Utara, Asia Utara, dan Eropa. Beberapa spesies diperkenalkan ke Australia dan Selandia Baru oleh pemancing amatir pada abad ke-19. Spesies yang diperkenalkan termasuk trout cokelat dari Inggris dan trout pelangi dari California.

Sebagian ikan trout hidup di danau air tawar dan atau sungai sepanjang hidupnya, sementara ada beberapa spesies seperti trout pelangi yang menjalani hidupnya dua atau tiga tahun di laut sebelum kembali ke air tawar untuk bertelur. Trout pelangi yang menghabiskan waktunya di laut disebut trout kepala baja (steelhead trout), bernama ilmiah Oncorhynchus mykiss. Ikan ini merupakan ikan anadromous, yaitu ikan yang tinggal di perairan laut dan memijah di perairan tawar.

Ikan trout memiliki kepala yang cenderung agak bulat dengan posisi mulut yang menjulur ke belakang di luar mata. Terdapat banyak bintik-bintik hitam dengan rangkaian bintik warna merah di sepanjang gurat sisi. Bagian pinggir siripnya membulat, sedangkan bentuk sirip ekornya sendiri bisa berbentuk persegi atau cembung.

Ada sekitar 13-16 sisik antar sirip adiposa dan sirip lateral pada ikan trout. Sirip dadanya agak pendek dengan ujung yang bulat. Sirip adiposa dari spesies ikan ini memiliki bercak berwarna jingga.

Pada saat bertelur, ikan trout betina akan membuat lubang yang disebut dengan “redd” di dasar perairan untuk menempatkan telur-telurnya. Kemudian, ikan jantan akan membuahi telur-telur tersebut. Berbeda dengan salmon yang mati setelah bertelur, ikan ini dapat kembali ke laut dan bermigrasi kembali ke hulu untuk bertelur kembali.

Ikan trout merupakan sumber makanan penting bagi manusia dan satwa liar termasuk beruang cokelat, burung pemangsa seperti elang, dan hewan lainnya.

Ikan trout memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti omega-3 dan vitamin D. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini kandungan gizi ikan trout.

  • Kalori: 119 kcal
  • Lemak: 3,5 gr
  • Omega-3: 812 mg
  • Omega-6: 239 mg
  • Protein: 20,5 gr
  • Vitamin D: 635 IU
  • Vitamin B12: 4,5 mcg
  • Vitamin B3: 5,4 mg
  • Vitamin B6: 0,4 mg
  • Vitamin E: 2,34 mg
  • Vitamin B5: 0,9 mg
  • Vitamin B1: 0,1 mg
  • Vitamin B2: 0,1 mg
  • Folat: 12,0 mcg
  • Vitamin A: 62,0 IU

Ikan ini juga kaya kandungan mineral penting bagi tubuh, seperti fosfor, selenium, kalium, mangan, kalsium, zinc, magnesium, tembaga, sodium, dan zat besi.

Berkat kandungan gizinya tersebut, ikan trout bermanfaat bagi kesehatan otak, tulang, dan jantung kita. Hasil penelitian yang dilakukan oleh badan kesehatan Amerika Serikat menunjukkan bahwa ikan ini sangat baik untuk kecerdasan anak. (das)

Kunjungi Nursery Tanaman Hias Keren di Kota Bogor, Ini Link-nya:

IG : @amani.jungle

Tiktok : amani.jungle

Yuk, tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here