Home Kampus Mengenal Aplikasi Dr. Tania: Identifikasi Penyakit Tanaman Secara Otomatis

Mengenal Aplikasi Dr. Tania: Identifikasi Penyakit Tanaman Secara Otomatis

Aplikasi Dr Tania

Agrozine.id –  Permasalahan yang kerap kali menjadi momok para petani yaitu terkait hama dan penyakit. Seiring waktu berjalan masalah penyakit tanaman kian tak terkendali bermunculan hingga menyebabkan kegagalan panen. Hal itulah yang kemudian melatarbelakangi Lintang Kusuma Pratiwi lulusan Prodi Rekayasa Pertanian ITB untuk menciptakan sebuah inovasi yang bernama Dr. Tania. Yaitu sebuah aplikasi untuk identifikasi penyakit tanaman secara otomatis melalui foto.

Aplikasi Dr Tania

Aplikasi Dr. Tania merupakan salah satu produk dari PT. Neura Cipta Nusantara (Neurafarm) yang sudah dibuat sejak tahun 2017 oleh Lintang bersama 3 rekannya yaitu Naufalino Fadel Hutomo, Febi Agil Ifdillah, dan Pebriani Artha.

Baca Juga : Mengenal Agro Drone: Penyedia Jasa Penyemprotan Tanaman dengan Teknologi Drone

Aplikasi Dr. Tania dapat diunduh secara gratis di PlayStore maupun AppStore. Saat ini Dr. Tania sudah memiliki 10.000 pengguna, dengan pengguna aktifnya berkisar 2500 per bulannya.

Dr. Tania yang merupakan aplikasi berbasis chatbot yang berfungsi untuk mengidentifikasi penyakit tanaman melalui foto daun. “Awalnya chatbot Dr. Tania hanya tersedia di Facebook, karena responnya bagus, kemudian kita develop ke dalam sebuah aplikasi yang user friendly dengan tampilan kita buat sesimpel mungkin biar petani mengerti,” papar Lintang selaku Head of Research and Development di Neurafarm.

Lintang menjelaskan, fitur utama dari Dr. Tania saat ini adalah identifikasi penyakit tanaman. Namun, terdapat juga fitur tambahan seperti kalkulator pupuk, water prediction, dan ada fitur yang baru saja dirilis yaitu fitur komunitas. “Jadi lewat fitur komunitas itu nanti antar petani bisa saling ngobrol,” tambahnya.

Berkat inovasinya ini, Lintang bersama timnya telah berhasil memenangkan beberapa kompetisi internasional. Salah satunya yaitu Juara 2 Startup Istanbul Challenge 2018 di Istanbul, Turki.

Aplikasi Dr. Tania ini menggunakan teknologi Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) sehingga dapat mengidentifikasi dengan akurat dan cepat. Lintang mengungkapkan akurasi Dr. Tania dapat mengidentifikasi penyakit tanaman yaitu berkisar 70% – 80% tergantung dari komoditasnya.

Aplikasi tersebut saat ini mampu menganalisis 14 komoditas tanaman dengan 33 jenis penyakit. Kedepannya ia pun berencana untuk meningkatkan akurasi dan menambah jumlah komoditas tanaman dan penyakitnya. Selain itu juga ingin mencoba mengakomodir hasil penjualan para petani melalui fitur jual hasil lahan. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here