Home Perikanan Mengenal Ikan Kembung dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Ikan Kembung dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Sumber foto: RimbaKita.com

Agrozine.id – Ikan kembung dikenal sebagai ikan konsumsi yang gurih dan enak, disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Harganya pun terjangkau oleh masyarakat banyak. Tidak heran, menu olahan ikan ini mudah kita jumpai di rumah-rumah makan dan di dapur pribadi rumah tangga.

Ikan kembung adalah ikan laut yang tergolong ke dalam marga Rastrelliger, suku Scombridae. Meskipun bertubuh kecil, ikan ini masih sekerabat dengan tenggiri, tongkol, tuna, dan makerel.  Ikan ini termasuk dalam kategori ikan pelagis, yaitu ikan yang habitat hidupnya di lapisan permukaan perairan. Ikan-ikan pelagis ini biasanya hidup bergerombol dan melakukan migrasi.

Ikan kembung mempunyai ciri khas fisik ramping memanjang dan tubuhnya dipenuhi sisik yang berukuran kecil dan seragam. Sisi dorsal (punggung) ikan ini berwarna gelap, biru kehijauan hingga kecokelatan, dengan 1–2 deret bintik gelap membujur di dekat pangkal sirip punggung. Sisik perutnya berwarna keperakan.

Ikan kembung termasuk memiliki nilai ekonomis menengah sehingga terhitung sebagai komoditas yang cukup penting bagi nelayan lokal. Ikan ini biasanya dijual segar atau diproses menjadi ikan pindang dan ikan asin yang lebih tahan lama. Ikan  yang masih kecil juga sering digunakan sebagai umpan hidup untuk memancing cakalang.

Ikan kembung memiliki kandungan nutrisi yang banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaatnya untuk kesehatan.

Mencukupi Kebutuhan Protein Hewani

Ikan kembung memiliki kandungan protein hewani yang tidak kalah dengan daging sapi. Jadi, mengkonsumsi ikan ini secara rutin akan membantu mencukupi kebutuhan protein hewani tubuh kita. Ini berarti, ikan ini bisa jadi alternatif pengganti daging merah.

Menjaga Kesehatan Syaraf

Kandungan docosahexaenoic acid (DHA) dalam ikan kembung dapat mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson. DHA berperan besar dalam proses pembentukan sistem saraf, mata, dan otak manusia. Oleh karena itu, para ahli gizi berpendapat kalau konsumsi DHA yang terkandung dalam ikan ini baik untuk menjaga kesehatan saraf, membantu daya ingat, serta baik untuk dikonsumsi ibu hamil demi perkembangan janin yang sehat. Jika sistem saraf sudah terbentuk dengan baik, DHA akan merawatnya juga.

Mengendalikan Kadar Gula Darah

Ikan kembung punya kandungan Omega 6 yang tinggi. Omega 6 adalah asam lemak tak jenuh ganda yang menjalankan fungsi-fungsi esensial untuk tubuh. Omega 6 ini juga berkhasiat mengendalikan kadar gula darah kita sehingga baik bagi penderita diabetes.

Membantu Penyerapan Vitamin

Ikan kembung memiliki kandungan Omega 9. Omega 9 sangat berguna juga membantu penyerapan berbagai vitamin dalam tubuh. Artinya, Omega 9 bisa menjaga kebutuhan gizi kita.

Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut ahli gizi, Omega 6 dan 9 ini bisa menjaga kesehatan jantung jika dikonsumsi dengan baik. Kabar baiknya adalah jika jantung kita sehat maka resiko terkena serangan stroke dan komplikasi lain yang bermuara pada jantung juga bisa dikurangi.

Memaksimalkan Penyerapan Kalsium

Ikan kembung yang memiliki kandungan vitamin D. Dengan vitamin D, penyerapan kalsium akan semakin maksimal sehingga secara langsung berfungsi untuk mendukung pembentukan, perawatan, dan penguatan tulang dan gigi.

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Yuk, tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here