Home Pertanian Peneliti China Kembangkan Urban Farming di Atap Gedung

Peneliti China Kembangkan Urban Farming di Atap Gedung

urban farming

Agrozine.id – Chinese Academy of Sciences (CAS) melaporkan bahwa para peneliti dari China telah merancang sebuah perangkat baru yang diklaim dapat meningkatkan efektivitas pertanian di atap gedung perkotaan (Urban Rooftop Farming).

Pertanian di atap gedung akan menjadikan ruang kosong di perkotaan menjadi lebih bermanfaat dan dapat menyediakan berbagai produk hasil pertanian bagi konsumen lokal, sehingga akan mengurangi biaya pengemasan dan transportasi pengiriman.

Tim peneliti dari South China Botanical Garden yang menjadi bagian dari CAS merancang perangkat penanaman hidroponik dua tingkat dengan alat bantu sejumlah reflektor. Perangkat ini mengadopsi metode hemat energi dan murah dengan memasukkan sinar matahari sampai ke lapisan terbawah dengan menggunakan bantuan reflektor- reflektor yang dipasang di berbagai sisi bidang tanam untuk mendorong pertumbuhan sayuran.

Eksperimen menunjukkan bahwa perangkat tersebut, yang dikombinasikan dengan strategi budidaya yang tepat, dapat secara efektif meningkatkan hasil panen sayuran di atap gedung serta meningkatkan manfaat ekonomi pada sistem pertanian di atap gedung perkotaan.

Diketahui bahwa dengan menggunakan sistem penanaman hidroponik dua tingkat dan penggunaan reflektor sinar matahari, dalam setiap satu kali panen hasil produksi pertanian bisa mencapai 6.310 kg dari luasan atap 150 meter persegi.

Hasil penelitian itu dimuat dalam makalah yang dipublikasikan dalam jurnal Urban Forestry and Urban Greening. Temuan tersebut berpeluang menarik investor agar menginvestasikan dananya pada pertanian di atap gedung perkotaan.

Salah seorang anggota tim peneliti, David OW, sebelumnya pada tahun 2012 juga telah melakukan penelitian terkait efektivitas urban farming di atap gedung dan hasilnya telah dimuat pertama kali pada sebuah makalah pada tahun 2016.

Tingkat industrialisasi dan urbanisasi yang begitu cepat membuat para petani semakin sulit untuk memperluas lahan pertanian. Konsep pertanian di atap gedung perkotaan dapat menjadi salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah itu.

Selain memberikan manfaat ekonomi, sistem pertanian di atap gedung perkotaan juga akan membantu menjaga ketahanan pangan bagi negara terpadat di dunia tersebut. (ran)

Dilansir dari dunyanews.tv, (24/08/2020)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here