Home Pertanian Sertifikasi Berkelanjutan,Bantu Petani Beradaptasi Terhadap Perubahan Iklim

Sertifikasi Berkelanjutan,Bantu Petani Beradaptasi Terhadap Perubahan Iklim

sumber: pioneer

Agrozine.id- Rainforest Alliance menyatakan akan menggunakan teknologi untuk membantu para petani meningkatkan skema sertifikasi .

Penggun membantu mereka beradaptasi dengan perubahan iklim,melindungi hutan dan meihat resiko sosial. Peningkatan skema sertifikasi dilakukan untuk membantu para petani membuat label etis kopi,pisang,coklat dan teh untuk membantu memenuhi permintaan yang semakin tinggi.

Sertifikasi keberlanjutan telah berubah dalam kurun waktu 5 hingga 10 tahun terakhir dan mendatangkan tantangan baru yang lebih besar, dan kita harus bisa melihat hal-hal itu ,ungkap Ruth Rennie selaku direktur standar dan jaminan di Rainforest Alliance.

Petani bersertifikat akan membantu mereka beradaptasi dengan perubahan iklim dengan menilai resiko yang mereka hadapi,melakukan tindakan pencegahan terhadap kekeringan,banjir dan mempertimbangkan ketahanan iklim dalam pemilihan jenis tanaman yang ingin mereka tanam.

Secara global lebih dari 2 juta petani saat ini menggunakan skema sertifikasi Alliansi untuk membantu memastikan produk mereka tidak terkait dengan deforestasi dan dapat dilacak dari petani ke pembeli. Produsen juga harus mengadopsi praktik pertanian dan pengelolaan air yang baik dan memiliki sistem untuk mengatasi masalah pekerja.

Penggunaan teknologi dan data yang lebih baik adalah bagian penting dari skema baru sertifikasi berkelanjutan dan program ini juga akan memperkenalkan premi dan investasi wajib untuk mendukung upaya keberlanjutan produsen makanan. Kami tidak bisa hanya berharap para petani memenuhi semua biaya untuk mendapatkan sertifikasi tanpa mengupayakan pengembalian yang nyata,ucap Ruth Rennie.

Pendaftaran anggota baru untuk sertifikasi berkelanjutan ini dilakukan sejak Januari dan persayaratan wajib baru akan diberlakukan bulan Juli.The Washington Post melaporkan bahwa pertanian tersertifikasi penghasil kakao di Pantai Gading lebih memungkinkan mereka memperkerjakan pekerja anak disbanding yang tidak tersertifikasi.

Darrel High selaku kepala perencan Nestle menyebut baru-baru ini memutuskan untuk mencari kakao untuk cokla batangan KitKat dari produsen Rainforest Alliance dan untuk cemilan lain yang dibuatnya,menyambut penekanan baru pada “perbaikan berkelanjutan”. Kami yakin ini akan membantu menciptakan dampak yang positif bagi para petani dan komunitas mereka dari waktu ke waktu,ungkap Darre dalam sebuah pernyataan. (Ira)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here