Home Pet Jenis-Jenis Pakan Terbaik Burung Peliharaan

Jenis-Jenis Pakan Terbaik Burung Peliharaan

pennington.com

Agrozine – Agar burung peliharaan kamu dalam kondisi sehat, ada 4 unsur zat gizi yang harus dipenuhi dalam pakannya, yaitu protein, lemak, vitamin, dan mineral. Keempat nutrisi tersebut memiliki manfaat yang berbeda bagi burung peliharaanmu. Berikut ini karakteristik dari masing-masing nutrisi tersebut.

Protein

Protein bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh dan kesehatan reproduksi burung. Burung yang menerima lebih banyak protein dapat menumbuhkan bulu yang lebih berwarna. Burung yang kekurangan protein biasanya mengalami gangguan pada ototnya. Bahkan, dalam jangka panjang dapat mengalami disfungsi organ. Pastikan burung peliharaan kamu mendapat protein yang cukup dari makanannya. Cacing dan serangga merupakan dua jenis makanan yang bisa memenuhi kebutuhan protein burung. Jika tidak ada serangga atau cacing, kamu bisa memberikan daging dan telur yang sudah dimasak.

Vitamin

Burung memerlukan vitamin A, B, C, D, E, dan K. Vitamin A bertugas menjaga penglihatan dan sistem kekebalan tubuh burung. Vitamin B dibutuhkan agar makanan yang masuk ke dalam tubuhnya bisa dipecah. Vitamin B termasuk vitamin yang larut di dalam air dan akan terbuang setiap hari. Karena itu, berikan vitamin B secara rutin (setiap hari). Vitamin C bertugas menjaga dinding pembuluh darah burung. Vitamin C sangat dibutuhkan burung ketika sedang stres. Selain itu, vitamin C juga bisa membantu pemulihan luka dan menjaga daya tahan tubuh. Vitamin D bisa membantu pembentukan tulang. Burung yang dipelihara di rumah sering kekurangan vitamin D karena jarang terkena sinar matahari. Untuk mencegah hal tersebut, burung peliharaanmu harus rutin dijemur. Vitamin E dibutuhkan untuk melawan radikal bebas. Di samping itu, vitamin E juga bertugas melindungi vitamin A dan mencegah vitamin B dan C dari oksidasi. Vitamin K dibutuhkan burung untuk membantu pembekuan darah saat terjadi luka.

Mineral

Burung juga membutuhkan mineral, terutama dalam proses pembentukan telur. Burung yang kekurangan mineral bisa mengalami depresi dan berhenti bertelur. Selain itu, kekurangan mineral juga bisa membuat daya tetas telur menurun dan menyebabkan kematian embrio. Mineral sangat penting dan sebaiknya disediakan setiap hari dalam bentuk cuttlebone, mineral block, tepung cangkang tiram, atau cangkang telur.

Lemak

Burung membutuhkan lemak untuk diubah menjadi sumber energi. Di samping itu, lemak juga bisa menjaga tubuh burung tetap hangat saat cuaca sedang dingin. Fungsi lain dari lemak adalah menyerap vitamin A, D, E, dan K. Burung bisa mendapatkan lemak dari biji-bijian dan kacang-kacangan. Meskipun lemak sangat penting, burung hanya boleh diberi lemak murni.

Setelah kita mengetahui zat-zat nutrisi yang dibutuhkan oleh burung, kita dapat mencari dan memberikan jenis-jenis pakan terbaik bagi burung peliharaan. Berikut ini jenis pakan burung terbaik untuk mendukung kesehatan dan perkembangan burung peliharaanmu.

Jangkrik

Jangkrik selain memiliki sejumlah kandungan yang baik bagi kesehatan burung, juga dapat meningkatkan nafsu makan. Kamu dapat memberikan asupan jangkrik kepada burung peliharaan tiga kali sehari. Namun, jangan langsung memberikan seekor jangkrik pada tempat yang disediakan. Bersihkan dahulu bagian tangan dan kaki jangkrik agar tak melukai tenggorokan burung peliharaan.

Telur Semut

Telur semut atau disebut sebagai kroto adalah salah satu pakan terbaik bagi burung karena berbagai kandungan di dalamnya. Beberapa nutrisi tersebut antara lain vitamin, sedikit lemak, dan protein berkadar tinggi. Telur semut dapat diperoleh melalui serangkaian proses alami yang cukup mudah.

Ulat Hongkong

Ulat hongkong merupakan pakan paling populer karena harganya cukup terjangkau. Kandungan protein yang tinggi serta asam lemak omega-3 pada ulat hongkong membuatnya menjadi asupan tepat untuk berbagai jenis burung, terutama untuk jenis burung berkicau.

Ulat Kandang

Ulat kandang mengandung nutrisi dan gizi tinggi bagi kesehatan dan stamina burung. Ulat ini mengandung protein, lemak, ekstrak non nitrogen, hingga sejumlah air. Karena mengandung air, ulat kandang merupakan jenis pakan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan cairan pada burung.

Voer

Voer menjadi salah satu pakan burung yang cukup laris di pasaran. Kandungan berbagai nutrisi di dalamnya cukup lengkap. Voer mengandung sejumlah mineral, vitamin, hingga beberapa protein yang dibutuhkan oleh unggas. Voer cocok dikonsumsi berbagai jenis burung berkicau.

Buah-buahan

Jenis buah-buahan yang dapat diberikan tak sembarangan. Pada umumnya, jenis buah-buahan yang tepat dan cocok untuk burung peliharaan adalah pepaya dan pisang ambon. Kedua buah tersebut memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sesuai untuk perkembangan burung. Sebelum memberikannya, potong buah-buahan tersebut menjadi kotak-kotak agar burung mudah mencernanya.

Sayur-sayuran

Sayuran merupakan pakan terbaik bagi burung untuk mendapatkan kandungan serat dan mineral di dalamnya. Biasanya, jenis sayuran yang seringdiberikan pada burung peliharaan adalah sawi. Sebelumnya, potong-potong sawi menjadi potongan kecil-kecil untuk mempermudah menyantap pakan yang diberikan.

Demikianlah jenis-jenis pakan terbaik bagi burung kesayangan kamu. Selamat mempraktikkan dan semoga sukses. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here