Home Biodiversitas Mengenal Ikan Tembakul, Bisa Hidup di Air dan Darat

Mengenal Ikan Tembakul, Bisa Hidup di Air dan Darat

Ikan tembakul

Agrozine.id – Pernahkah kamu melihat ikan yang bisa hidup di darat? Ternyata ada ikan yang memiliki keahlian selain mampu hidup di darat juga bisa memanjat akar pohon bakau, melompat jauh, bahkan berjalan di atas lumpur. Ikan tersebut sering disebut dengan ikan tembakul.

Ikan yang mempunyai nama latin Periophthalmus sp. ini dikenal juga dengan sebutan ikan timpakul, gelodok, blodog, gabus laut, lunjat, atau dalam bahasa melayu disebut dengan ikan belacak.

Menurut sebuah penelitian, ikan unik yang satu ini sudah teridentifikasi sebanyak 35 spesies. erbagi menjadi tiga kelompok besar, seperti Boleophthalmus, Periopthalmus dan Periophthalmodon.

Baca juga: Mengenal Ikan Belida, Bahan Baku Pempek yang Mulai Langka

Ikan Tembakul memiliki mata menonjol seperti mata kodok. Sementara dua susunan kornea dan kulit sisi di dalamnya terlihat berlapis-lapis, fungsinya sebagai penahan air serta agar tidak kekeringan ketika sedang ada di darat.

Ikan ini menghabiskan waktunya kurang lebih 90 % di darat. Saat air payau sedang surut ikan ini bisa terlihat di lumpur yang banyak ditumbuhi pohon bakau. Organ pernafasan Ikan Tembakul berbentuk insang yang mempunyai perbedaan dimana dinding sisi dalam tutup insang serta bilik insang berlipat ganda, dan memiliki banyak pembuluh darah.

Pada sepanjang insang serta tenggorokannya tetap basah, sehingga memungkinkan adanya pertukaran oksigen pada pembuluh darah saat ikan ini di daratan. Daya bertahan di daratan ini juga didukung oleh kemampuannya bernafas melalui kulit di tubuhnya, dan juga lapisan selaput lendir di mulut dan kerongkongannya, yang hanya bisa dilakukan dalam kondisi lembab.

Kemudian, untuk reproduksinya, biasanaya akan menghasilkan telur sebanyak 70.000 butir dan ikan jantan akan menyimpan telur tersebut dilubang alat kelaminnya.

Baca juga: Ikan King Kobia, Komoditas Unggulan Baru di Lampung

Untuk mengamankan wilayahnya, disaat menjelajah daratan, ikan ini sering menyerang dan mengusir Ikan Tembakul lainnya. Adapun untuk makanannya ikan ini memangsa beraneka ragam hewan seperti udang, ikan, ketam binatu, kerang, cumi-cumi, sampai ke lalat dan semut rangrang.

Ikan ini termasuk yang paling tahan terhadap kerusakan lingkungan hidup dan bisa tetap hidup dalam kondisi yang memprihatinkan sekalipun. Ikan Tembakul hanya dapat dijumpai di pantai-pantai beriklim tropis dan subtropics di wilayah Indo-Pasifik sampai ke pantai Atlantik, benua Afrika. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here