Home Populer Mengulik Pesona Taman Nasional Taka Bonerate, Destinasi Ekowisata

Mengulik Pesona Taman Nasional Taka Bonerate, Destinasi Ekowisata

Agrozine – Satu lagi destinasi ekowisata Indonesia yang tidak boleh dilewatkan. Taman Nasional Taka Bonerate (TNTBR) merupakan salah satu kawasan pelestarian alam yang memiliki ekosistem asli dan dikelola dengan sistem zonasi untuk tujuan penelitian, budidaya, pendidikan, budaya, pariwisata, dan rekreasi. Kawasan ini terletak di Sulawesi Selatan dan merupakan habitat bagi flora dan fauna eksotis. Menariknya lagi, Taka Bonerate adalah taman laut dengan kawasan atol terbesar ketiga di dunia. Dalam artikel ini, kita akan mengulik pesona dan fakta menarik dari Taman Nasional Taka Bonerate yang patut dimasukkan dalam bucketlist travelling, simak ulasannya!

 

Fakta Menarik Taman Nasional Takabonerate

 

  1. Sejak tahun 2005, TNTBR telah dicalonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia. Pasalnya, taman laut ini memiliki kawasan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Dari luas total atol sebesar 220.000 hektare, terdapat sebaran terumbu karang mencapai 500 km2.

 

  1. Kawasan TNTBR terletak di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Terdapat 15 pulau di TNTBR yang dapat dikunjungi untuk kegiatan menyelam, snorkeling, dan wisata bahari lainnya.

 

  1. Untuk mengunjungi TNTBR, kamu dapat menggunakan beberapa pilihan transportasi seperti pesawat terbang, bus umum, dan mobil travel. Bila memutuskan untuk naik pesawat, dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar kamu dapat melanjutkan penerbangan ke Bandara H. Aeropala Selayar.

 

  1. Tarif masuk dan aktivitas pengunjung di TNTBR diatur berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 12 Tahun 2014 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pengunjung juga harus memperoleh SIMAKSI (Surat Izin Masuk Konservasi) terlebih dulu.

 

  1. TNTBR memiliki beberapa pulau yang telah dijadikan sebagai tempat pemukiman warga sekitar, karena kaya akan sumber daya alam laut yang dapat memenuhi kebutuhan hidup para nelayan. Para penduduk tersebar di beberapa pulau seperti Pulau Rajuni, Pulau Tarupa, Pulau Latondu, Pulau Jinato, dan Pulau Pasi Tallu.

 

 

Pesona Taman Nasional Takabonerate

 

  1. Kawasan ini merupakan habitat bagi berbagai jenis flora seperti jenis koral Pocillopora eydouxi, Montipora danae, Acropora palifera, Porites cylindrica, Pavona clavus, dan Fungia concinna. Di TNTBR, kamu juga dapat menemui tanaman pohon kelapa (Cocos nucifera), pandan laut (Pandanus sp.), cemara laut (Casuarina equisetifolia), dan ketapang (Terminalia catappa).

 

  1. TNTBR menyimpan sekitar 295 jenis ikan karang dan berbagai jenis ikan konsumsi bernilai ekonomi tinggi seperti kerapu (Epinephelus spp.), cakalang (Katsuwonus spp.), napoleon (Cheilinus undulatus), dan baronang (Siganus sp).

 

  1. Terdapat sebanyak 261 jenis terumbu karang yang sudah teridentifikasi di TNTBR dari 17 famili seperti Pocillopora eydouxi, Montipora danae, Acropora palifera, Porites cylindrica, Pavona clavus, dan Fungia concinna. Sebagian besar jenis karang telah membentuk terumbu karang atol (barrier reef) dan terumbu tepi (fringing reef).

 

  1. TNTBR juga merupakan habitat bagi 244 jenis moluska seperti lola (Trochus niloticus), kerang kepala kambing (Cassis cornuta), triton (Charonia tritonis), batulaga (Turbo spp.), kima sisik (Tridacna squamosa), kerang mutiara (Pinctada spp.), dan nautilus berongga (Nautilus pompillius).

 

  1. Terdapat berbagai jenis penyu yang terindentifikasi dan berada di TNTBR seperti penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu hijau (Chelonia mydas), dan penyu lekang (Dermochelys coriacea).

 

  1. Selain wisata bahari dan keragaman flora dan fauna eksotis, kamu juga dapat mengunjungi tempat bersejarah di Taman Nasional Takabonerate seperti Taka Miriam, Taka Gantarang, Taka Balanda, Pulau Rajuni, Pulau Tambuna, Pulau Lantigiang, Bungin Kamase, dan Taka Lamungan.

Nah, sekarang kita telah mengenal lebih lanjut fakta menarik dan pesona yang dimiliki Taman Nasional Takabonerate yang terletak di Sulawesi Selatan. Kawasan ini biasa dikunjungi oleh turis lokal dan mancanegara pada periode bulan April hingga Juni dan Oktober hingga Desember setiap tahunnya. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here