Home Pertanian Tips Membeli Tanaman Hias Online, Dijamin Nggak Kecewa

Tips Membeli Tanaman Hias Online, Dijamin Nggak Kecewa

tanaman hias penghasil oksigen

Agrozine.id – Tips membeli tanaman hias online. Hobi memelihara tanaman hias di rumah, semakin kesini semakin diminati. Awalnya, pandemi membuat masyarakat mau tak mau mencari hobi baru yang bisa dilakukan dari rumah saja, untuk mengurangi kejenuhan, sampai kecemasan. Lama-kelamaan, keindahan tanaman hias mampu mengundang orang untuk semakin mengenali ragam jenisnya.

Tanaman Hias Yang Bisa Dibeli dengan cara Online

Bagi pecinta tanaman hias, berburu tanaman satu ini juga bisa dilakukan secara daring. Meski berisiko, namun dengan langkah yang tepat, segala risiko yang mungkin terjadi itu dapat diminimalisir.

Tips Membeli Tanaman Hias online

Berikut, beberapa tips penting sebelum membeli tanaman hias di toko online. Terdapat beragam cara dan jika beberapa telah terakomodir maka boleh jadi cara yang dilakukan cukup aman.

  • Cek profil toko

Sebelum mengumpulkan banyak item di keranjang belanjaan dan buru-buru klik tombol check out, ada baiknya mengecek terlebih dahulu profil toko.

Caranya, dengan mengunjungi laman yang mereka punya, baik itu di marketplace, media sosial, sampai blog maupun situs sendiri. Cari tahu lokasi mereka, bahkan kalau perlu lakukan kontak langsung lewat telepon, whatsapp atau fitur pengirim pesan.

Hal ini untuk mendapatkan chemistry awal yang sangat diperlukan. Tambahannya bisa dilihat nilai skor yang telah diberikan pembeli tersebut, skor persentase respon penjual dalam menanggapi pertanyaan dari calon pembeli & ulasan review pembeli yang telah membeli online di toko tersebut.

bacajuga: Tanaman Hias Indoor Instagramble
  • Foto asli atau palsu

Langkah berikutnya yang tak kalah penting sebagai tips membeli tanaman hias online adalah memeriksa dengan detail materi promosi yang mereka tawarkan. Dalam hal ini, foto produk.

Periksa apakah foto yang dipajang merupakan foto asli milik mereka sendiri, atau sekadar mencomot dari toko lain. Cukup mudah untuk mendeteksi hal tersebut, selain apakah foto mereka mempunyai watermark, atau tidak. Yaitu, memperhatikan detail yang tampak di foto.

Seperti misalnya, apakah dilakukan di area yang sama, menampilkan properti yang sama, sampai menghadirkan nuansa atau tone yang sama. Kalau foto produk yang ditampilkan sudah cukup banyak, akan semakin memudahkan calon pembeli menilai sebuah toko dari faktor ini.

  • Bukan karena murah

Sebagai tips membeli tanaman hias online maka tidak ada salahnya mengunjungi halaman 1 sampai akhir di sebuah marketplace, untuk melakukan perbandingan harga. Namun, sebaiknya jangan menjadikan harga termurah sebagai patokan akhir untuk membeli dari sebuah toko.

Kamu harus tetap melakukan cek profil toko untuk mendapat gambaran jelas mengenai tanaman yang bakal dipesan dan datang nantinya. Walaupun masih sebagian besar masyarakat Indonesia masih tergiur dengan harga yg murah apalagi pada saat sedang promo flash sale.

  • Bertanya adalah emas

Setelah cukup yakin bahwa profil toko dan produk yang ditawarkan adalah orisinil, Langkah berikutnya adalah chatting. Meskipun barang yang masih dipajang otomatis masih tersedia dan siap dipesan, hal tersebut tak membuat kamu kehilangan hak untuk bertanya.

Ada beberapa poin penting yang harus dipastikan, sebelum memutuskan untuk membeli dari sebuah toko. Kamu harus menanyakan bagaimana pengemasan dan metode pengiriman produk. Kalau perlu, minta tips yang harus dilakukan setelah tanaman yang dipesan tiba di rumah.

  • Sebaiknya dikemas dengan pot atau tidak?

Kebanyakan toko tanaman hias yang melayani pembelian secara online, akan mengirim tanamannya dengan media tanam yang dikurangi.

Maksudnya, adalah menyertakan sedikit saja media tanam sebelum bagian akar dibungkus plastik, dan keseluruhan tanaman dibungkus dengan kertas.

Baca Juga : Jenis Aglonema Terpopuler dan Harganya, Wajib Punya!

Namun untuk pembeli yang berada di kota yang sama, ada juga toko yang rela mengirimkan tanaman beserta potnya. Hal ini tentu akan menjadi poin plus bagi pembeli karena tinggal melanjutkan proses perawatannya di rumah. 

  • Keamanan saat proses pengantaran

Yang terakhir dan tak kalah penting sebagai tips membeli tanaman hias online adalah menentukan metode pengiriman yang dipakai. Menggunakan sistem instan alias jasa ojek online tentu menjadi pilihan terbaik.

Meskipun begitu, memilih metode pengiriman ini bukan berarti bebas risiko. Hal-hal berikut masih bisa terjadi, beberapa daun tertimpa hingga robek, sampai dahan patah di tengah jalan. Tapi selama akar masih aman terlindungi, sebenarnya hal-hal tadi bukanlah masalah besar.

Metode pengiriman reguler juga dapat dipilih. Perjalanan 3-5 hari sebenarnya masih aman bagi kesehatan tanaman yang dibeli secara online. Semua kembali ke kondisi dan pengepakan tanaman yang benar.  

Baca Juga : Daftar Jenis Keladi Termahal di Indonesia, Cantik Banget!

Itulah beberapa tips belanja tanaman hias secara online yang dirangkum Agrozine dari pengalaman pribadi. Semoga membantu! (fida)

tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here