Home Peternakan Tips Menyiapkan Hewan Ternak untuk Hari Raya Kurban

Tips Menyiapkan Hewan Ternak untuk Hari Raya Kurban

exportersindia.com

Agrozine.id – Hari raya Idul Adha atau hari raya kurban adalah hari yang membahagiakan bagi umat Islam. Hari raya ini juga membahagiakan para peternak sapi, kerbau, kambing, dan domba karena di bulan Dzulhijjah ini mereka bisa mendapatkan keuntungan luar biasa di banding bulan-bulan lain. Menjelang perayaan Idul Adha, permintaan hewan ternak, baik sapi dan kambing meningkat drastis.

Peningkatan permintaan ini tentunya harus disikapi oleh para peternak dengan persiapan yang baik. Utamanya mempersiapkan hewan ternak yang layak untuk dikurbankan. Dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 114 tahun 2014 disebutkan bahwa hewan kurban harus sehat, tidak cacat, dan tidak kurus. Selain itu, hewan kurban juga mesti berjenis kelamin jantan dan sudah cukup umur untuk disembelih.

Syarat tersebut tentunya bersumber dari syari’at Islam. Untuk lebih lengkapnya, mengutip dari laman Majelis Ulama Indonesia, berikut ini syarat hewan untuk kurban:

  1. Matanya tidak buta
  2. Telinganya tidak terpotong
    3. Kakinya tidak pincang
    4. Tanduknya sempurna
    5. Tidak berpenyakit
    6. Ekornya tidak terpotong
    7. Tidak kurus
    8. Tidak berkudis

Delapan syarat di atas menunjukkan bahwa hewan kurban harus dalam keadaan sehat tanpa cacat. Kesehatan hewan inilah yang harus disiapkan oleh para peternak menjelang hari raya kurban.

Para peternak dapat mengecek kesehatan hewannya masing-masing. Hewan ternak bisa dikatakan sehat jika memiki ciri-ciri berikut:

  • Masih aktif bergerak
  • Nafsu makan baik aktif
  • Berinteraksi dengan hewan lain, saling menaiki atau berkelahi
  • Suhunya normal, berkisar 38 sampai 40 derajat celcius untuk kambing dan berkisar 37,5 sampai 39,5 derajat celcius untuk sapi
  • Rambutnya mengkilat
  • Tidak ada kotoran di mata, hidung, mulut, dan anus

Berdasarkan hal tersebut, untuk menjaga kesehatan hewan ternak menjelang Idul Adha, peternak harus memberikan perawatan terbaik, yaitu dengan cara menjaga kebersihan kandang serta pemberian pakan yang cukup dan bergizi.

Selain persyaratan sehat untuk hewan kurban, persyaratan lainnya, hewan kurban juga harus cukup umur.  Tanda hewan kurban telah cukup umur, yaitu:

  • Kambing/domba: Umur lebih dari 1 (satu) tahun ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap
  • Sapi/kerbau: Umur lebih dari 2 (dua) tahun ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap

Sebelum hewan dipotong, penting juga memperhatikan kesehatan hewan di tempat penampungan. Agar hewan tetap sehat hingga pemotongan, sebaiknya lakukan hal-hal berikut:

  • Berikan makan jika ditampung lebih dari 12 jam, lalu puasakan selama 12 jam sebelum pemotongan. Pemuasaan sangat efektif agar hewan kurban tidak agresif saat dipotong.
  • Sediakan air minum terus menerus selama di penampungan sampai menjelang dipotong.
  • Jangan mencampur sapi/kerbau dengan kambing/domba. Sebab, ada bakteri Pasteurella multocida yang tidak menimbulkan gejala serius pada domba, tetapi akan menyebabkan sakit yang serius pada sapi.
  • Hindarkan hewan dari stres. Sebab, jika hewan stres sebelum disembelih, kualitas daging akan turun dan rasanya jadi tidak enak. Caranya dengan mengusahakan agar tempat penyembelihan kurban suasananya tidak ramai. Selain itu, hewan yang belum dipotong dipisahkan atau dijauhkan dari tempat pemotongan supaya tidak mencium bau amis darah.

Demikianlah persiapan hewan ternak untuk Hari Raya Kurban hingga menjelang pemotongan. Semoga bermanfaat. (das)

Yuk, tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here