Home Hortikultura Daun Mint (Pepermin) Yang Bikin Fresh dan Menyehatkan

Daun Mint (Pepermin) Yang Bikin Fresh dan Menyehatkan

nccih.nih.gov

Agrozine – Sobat Agro pernah mengunyah daun mint atau pepermin? Rasanya yang “semriwing” membuat tanaman ini mudah dibedakan dari daun-daun lainnya. Dalam daftar tanaman herbal, pepermin merupakan tumbuhan herbal yang penting karena telah digunakan untuk keperluan pembuatan obat-obatan selama bertahun-tahun.

Pepermin tumbuh di sebagian besar wilayah benua Eropa dan Amerika Utara. Pertumbuhannya dapat mencapai satu meter. Di dua benua ini, pepermin digunakan sebagai obat gangguan pencernaan. Tanaman ini juga bisa ditumbuh di Indonesia, terutama di wilayah pegunungan atau dataran tinggi.

Daun mint biasa digunakan dalam masakan barat dan Asia. Baik dimakan dalam keadaan segar, sebagai hiasan, dan digunakan dalam bentuk minyak atau ekstrak.

Pepermin (Mentha piperita L.) termasuk dalam famili Lamiceae.  Nama sinonim dari Mentha piperita L. adalah M. Balsamea. Deskripsi mengenai pepermin pertama kali dilakukan pada tahun 1753 oleh Carolus Linnaeus. Di Dunia Timur maupun Dunia Barat, pepermin telah dikenal sebagai obat tradisional.

Daun pepermin mengandung minyak asiri dengan kadar antara 0,5–4%. Di dalam minyak asiri ini terdapat mentol (30–55%) dan menton (14–32%). Mentol dalam daun pepermin bersifat bebas alkohol yang tersusun dari asetat dan valerat ester sebanyak 3–5%. Kandungan fenol pada daun pepermin kering sebanyak 1,56–27,12 mg GAE/g pada tiap daun. Sementara kandungan polifenol pada air seduhan daun pepermin berkisar 1,0–21,8 %.

Dalam dunia industri, daun pepermin digunakan untuk membuat minyak asiri yang diberi nama minyak permen. Produk teh instan biasanya kehilangan senyawa aromatis selama pembuatannya. Senyawa yang hilang adalah alkohol, aldehid, dan keton. Ketiga senyawa ini memiliki sifat mudah menguap. Karena itu, teh instan perlu diberi penguat rasa yang salah satunya adalah pepermin.

Kamu bisa mendapatkan sebagian besar kebutuhan vitamin dan mineral dari segenggam daun mint yang kamu makan. Selain Vitamin A dan C, daun mint juga mengandung beta karoten. Mineral termasuk folat, magnesium, kalsium, kalium dan kalsium juga ada dalam mint. Inilah yang membuat daun mint menjadi ramuan yang sangat kuat.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari olahan daun mint untuk tubuh yang perlu Anda ketahui.

Memperlancar Pernapasan

Pepermin dapat menguatkan sistem pernapasan. Daun mint memiliki sifat alami yang mengontrol pertumbuhan berbagai bakteri dan jamur di dalam tubuh. Oleh karena itu, daun mint dapat membantu mencegah infeksi sinus, pilek dan penyakit pernapasan lainnya. Minyak peppermin bisa ditambahkan ke bak air panas atau dioleskan pada kapas dan dihirup oleh orang yang menderita batuk. Ketika ekstrak mint dioleskan secara eksternal pada dada atau saluran hidung, dapat mengurangi kemacetan dan kesulitan bernapas.

Menyehatkan Perut

Pepermin terkenal ampuh meredakan sakit perut. Mengkonsumsi daun mint atau mengunyahnya langsung setelah dicuci adalah obat yang umum dikenal untuk iritasi usus. Jika kamu menderita mual karena sakit perut atau jika perut kembung meskipun belum makan apa-apa, kamu perlu mengkonsumsi daun ini untuk membantu pencernaan. Kehadiran senyawa tertentu dalam herbal mint diketahui dapat mencegah pembentukan gas di perut.

Menyehatkan Kulit

Ramuan daun mint bisa mencerahkan kulit dan memiliki sifat alami yang menenangkan kulit yang teriritasi dan kasar. Bubur daun mint dapat meredakan gigitan nyamuk dan lebah. Daun ini memiliki kandungan konsentrasi tinggi Vitamin A sehingga memperbaiki dan memperkuat jaringan kulit. Ekstrak minyak dari daun ini juga kaya akan asam salisilat yang membantu kulit dalam menghilangkan sel-sel mati dan mencegahnya dari penyumbatan.

Mencegah Kanker

Daun mint kaya akan vitamin A, C, dan beta-karoten. Vitamin C merupakan anti oksidan yang digunakan tubuh dalam bentuk larut air untuk mencegah pertumbuhan radikal bebas dalam tubuh. Hal ini berfungsi untuk mencegah kanker dan pertumbuhan tumor.

Pepermin juga merupakan obat ideal untuk menghilangkan sakit kepala. Kamu bisa menyeduh daunnya sebagai teh hangat yang menyembuhkan. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here