Home Pertanian Jenis Pupuk Ramah Lingkungan yang Umum Digunakan oleh Pengusaha

Jenis Pupuk Ramah Lingkungan yang Umum Digunakan oleh Pengusaha

Agrozine.id–Pupuk merupakan komponen penting untuk pengusaha di bidang pertanian atau perkebunan. Dengan adanya pupuk, tanaman bisa tumbuh. Agar hasilnya efektif, kamu juga harus menggunakan jenis pupuk ramah lingkungan.

Penggunaan jenis pupuk ramah lingkungan ini akan membuat lahan tetap optimal untuk pemakaian berulang kali. Bila menggunakan sembarang pupuk kimia, kamu akan membuat tanah perlahan rusak dan kering. Dengan demikian, kamu harus mencari tempat baru yang akan memakan biaya dan waktu produksi lagi.



Untuk itu, tim Agrozine.id kali akan memberikan informasi jenis pupuk ramah lingkungan yang umum digunakan oleh pengusaha. Selain memberikan dampak ekonomis, kamu juga akan mendapatkan lahan yang sehat.

Pupuk cair organik
Sesuai dengan namanya, pupuk cair organik berasal dari urin ternak atau hasil fermentasi bahan-bahan organik. Kamu bisa membuat pupuk ini sendiri dengan memanfaatkan limbah hasil produksi perkebunan atau urin hewan ternak kamu, seperti sapi.

Baca Juga: GEDOR Horti, Strategi Penguatan Sektor Pertanian dari Hulu ke Hilir

Untuk jenis pupuk cair kamu bisa merendam bahan organik hingga menjadi pupuk cair. Berbeda dengan urin binatang yang tidak menggunakan air lagi.

Penggunaan pupuk ini sangat simpel. Kamu hanya perlu siram tanah sekitar tanaman atau semprot di daun tanaman yang kamu inginkan. Karena sifatnya yang alami, tidak ada efek samping yang buruk untuk tanah.

Baca Juga: Fakultas Pertanian UNS Beri Solusi Jitu Pengelolaan Sampah


Pupuk kandang
Berbeda dengan pupuk organik cair, pupuk kandang menggunakan kotoran ternak sebagai bahan utama pupuk. Dengan begini, kamu tidak perlu lagi membuang biaya untuk penampungan kotoran atau membuat aliran sungai semakin tercemar dengan kotoran ternak.

Jenis pupuk ini sangatlah murah bahkan gratis bila kamu mempunyai ternak yang cukup banyak. Selain itu, penggunaan pupuk ini tidak akan merusak karakter tanah untuk pertanian berkelanjutan.

Kandungan pupuk kandang terdiri dari fosfor, nitrogen, kalium, magnesium, belerang, kalsium, besi, natrium, molibdenum, dan tembaga. Jenis pupuk ramah lingkungan ini sangatlah bagus untuk menyuburkan tanah. Selain itu, kebutuhan pangan tanaman tercukupi karena sudah ada unsur hara yang melimpah.

Pupuk kandang terdiri dari dua jenis berdasarkan kecepatan penguraiannya. Jenis pupuk ramah lingkungan yang pertama sering disebut pupuk dingin. Mikroorganisme secara perlahan mengurai kotoran hewan, seperti babi, kerbau, dan sapi.

Kedua, pupuk panas, jenis pupuk ramah lingkungan ini diurai oleh mikroorganisme secara cepat. Jenis kotoran yang digunakan seperti ayam, kambing, dan kuda.

Pupuk kompos
Pupuk kompos hampir serupa dengan pupuk kandang yang mengandalkan mikroorganisme. Hanya saja bahan dari jenis pupuk ini terdiri dari limbah sayuran, buah, tumbuhan, dan bangkai ternak.

Pupuk jenis ini sangat bagus membuat tanah subur. Cacing akan membantu air dan udara lebih mudah masuk ke pori-pori tanah. Dengan kata lain, unsur hara dan struktur tanah akan menjadi lebih baik untuk tanaman.

Pupuk hijau
Jenis pupuk ini sangat bagus untuk pengusaha yang hanya berfokus pada lahan pertanian atau perkebunan. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan limbah hasil panen atau pemangkasan untuk membuat pupuk hijau.

Baca Juga: Jenis Pupuk Organik Terbaik yang Cocok untuk Pemula di Perkebunan

Kamu bisa mencampur limbah panen dengan tanah dan mikroorganisme akan menghancurkan secara perlahan. Bila kamu memiliki kebun jenis kacang-kacangan, kamu bisa menaruh limbah sisa panen di tanah sekitar tanaman. Jenis pupuk dari bahan ini sangat mudah bagi tanah untuk mengurainya dan kamu akan mendapatkan unsur hara yang melimpah.

Itulah 4 jenis pupuk ramah lingkungan yang umum digunakan oleh pengusaha. Kamu tinggal menggunakan salah satu atau kombinasi dari daftar tersebut. Pastikan kamu mempunyai lahan untuk pengolahannya dan material dasar pupuk yang memadai sehingga usaha kamu lebih mandiri. -Dan

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here