Home Biodiversitas Lebah Apis Mellifera, Lebah Unggul Penghasil Madu

Lebah Apis Mellifera, Lebah Unggul Penghasil Madu

beeculture.com

Agrozine – Lebah madu menghasilkan beberapa produk yang sangat bermanfaat, baik untuk lebah itu sendiri maupun untuk  manusia. Selain madu, lebah ini juga menghasilkan royal jelly, tepung sari atau polen, lem lebah atau propolis, malam lebah atau beeswax, dan racun lebah atau beevenom.

Indonesia dikenal sebagai rumah dari berbagai jenis lebah lokal penghasil madu. Salah satu lebah lokal yang populer di masyarakat adalah lebah madu jenis Apis mellifera spp. Lebah ini sering juga disebut lebah Italia, lebah impor Australia, lebah madu Internasional, lebah Selandia Baru, atau lebah Melli.

Apis mellifera merupakan lebah favorit bagi para peternak lebah madu di seluruh dunia. Sebab, lebah ini adalah lebah budidaya yang paling unggul. Selain menghasilkan madu yang melimpah, lebah jenis ini juga tidak mudah menyerang/menyengat dan relatif mudah pemeliharaannya. Madu yang dihasilkan Apis mellifera bisa mencapai 60 kg/koloni/tahun, asalkan tanaman pakan lebah memadai dan manajemen koloninya dilakukan secara benar. Lebah apis mellifera memiliki koloni yang bertahan lama dan mampu beradaptasi dalam berbagai jenis iklim.

Kelebihan lainnya, Apis mellifera mampu bertahan hidup walaupun minim makanan. Koloni lebah ini mampu bertahan dalam cuaca dingin. Ketahanan lebah ini terhadap penyakit juga menjadi salah satu keunggulannya.

Beternak lebah ini sangat menarik karena peternak akan selalu bergerak berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya mengejar musim pembungaan tanaman pakan lebah. Oleh sebab itu, pula madu yang dihasilkan lebah apis mellifera sering kali mengikuti musim bunga suatu daerah, misalnya madu pohon randu, pohon karet, kopi, dan lain-lain.

Lebah apis mellifera memiliki ciri khas pada bentuk tubuhnya yang berbeda dengan jenis lainnya, dengan sifat yang berlainan pula. Berikut ini ciri-ciri lebah mellifera:

  • Tubuhnya panjang dan tersegmentasi menjadi kepala, dada (bagian tengah), dan perut. Panjang sayap 0,8-0,95 cm.
  • Tubuhnyaditutupi oleh pita kuning atau cokelat kemerahan dan pita gelap bergantian.
  • Ratu lebah Apis melliferamemiliki warna merah kuning kecokelatan, lebah jantan berwarna lebih muda.
  • Lebah mellifera memiliki sifat yang sabar sehingga mudah diternakk
  • Produktivitas menghasilkan madunyasangat tinggi.
  • Rajin dalam membersihkan sarangnya sehingga bersih dan jauh dari sumber penyakit.
  • Tahan terhadap serangan bakteri dansangat pandai dalam menghalau hama ngengat malam.

Jumlah per koloni lebah Apis mellifera terdiri dari 10.000-100.000 ekor lebah, terdiri dari satu ekor ratu lebah, 200-300 ekor lebah jantan dan sisanya adalah lebah pekerja. Biasanya lebah madu ini diternakkan dengan sarang yang berbingkai yang dapat diangkat dan dapat dipindahkan.

Lebah A. mellifera ini terbagi ke dalam 24 subspesies. Berdasarkan analisis morfometrik dan wilayah persebarannya, berbagai subspesies A. mellifera tersebut dikelompokkan menjadi empat kelompok garis keturunan yakni; A (Afrika), M (Eropa Utara dan Barat), C (Eropa Selatan), dan O (Timur Tengah).

Apis mellifera di Indonesia pertama diimpor dari Australia tahun 1972. Menurut hasil penelitian, subspesies A. mellifera yang ada di Indonesia termasuk ke dalam kelompok garis keturunan C. Sub spesies lebah tersebut adalah A. m. ligustica dengan persebaran alaminya di Italia yang diimpor ke Indonesia dari Australia.

Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan secara umum, madu lebah apis mellifera berguna untuk obat antiosteoporosis atau mengatasi masalah pengeroposan tulang. Dari hasil penelitian, madu ini menghambat penurunan ketebalan tulang kortikal dan memperbaiki kerusakan supaya tidak mudah lapuk. Itu sebabnya madu apis mellifera bermanfaat untuk perbaikan tulang.

Demikianlah pengenalan tentang lebah madu Apis melifera. Semoga bermanfaat dan memotivasi kamu untuk ikut menjaga kelestarian lebah Apis mellifera. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here