Home Biodiversitas Spirulina, Ganggang Yang Dijuluki Superfood

Spirulina, Ganggang Yang Dijuluki Superfood

www.momjunction.com

Agrozine.id – Jangan sampai kamu nggak kenal dengan makanan super ini. Spirulina disebut sebagai superfood karena memiliki nutrisi yang lengkap. Oleh karena itu, spirulina dipercaya dapat memberikan beragam manfaat, seperti meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan jantung, hingga meredakan gejala alergi.

Spirulina adalah ganggang berwarna hijau-kebiruan yang hidup di air laut dan air tawar. Spirulina merupakan spesies dari Cyanobacteria, yaitu Arthrospira Platensis dan Arthrospira Maxima yang dapat dikonsumsi manusia. Ganggang ini banyak ditemukan di berbagai belahan dunia terutama di daerah tropis dan subtropis.

Setelah dipanen, spirulina akan diproses sedemikian rupa hingga menjadi tablet, bubuk, atau minuman, yang dapat kamu konsumsi. Ganggang ini juga digunakan sebagai pakan tambahan untuk industri akuakultur, akuarium, dan ternak ayam.

Apa saja zat nutrisi yang dikandung spirulina? Dalam 1 sendok makan spirulina bubuk (7 gram), terkandung 20 kalori dan beragam nutrisi berikut:

  • 4 gram protein
    • 0,5 gram lemak
    • 1,5 gram karbohidrat
    • 8,5 miligram kalsium
    • 14 miligram magnesium
    • 95 miligram kalium
    • 8 miligram fosfor
    • 0,7 miligram vitamin C
    • 2 miligram zat besi

Selain itu, juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin K, kolin, folat, dan antioksidan. Superfood ini juga mengandung zat yang memiliki sifat antibakteri, antivirus, antiradang, dan antikanker.

Berkat kandungan nutrisinya tersebut, spirulina memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya sebagai berikut.

Memperkuat Sistem Imunitas Tubuh

Spirulina mengandung beberapa jenis antioksidan serta mineral dan vitamin yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Oleh karena itu, spirulina dapat mendukung produksi dan kinerja sel darah putih, serta membantu produksi antibodi sehingga tubuh lebih kuat melawan virus, bakteri, jamur, dan parasit penyebab infeksi.

Mengatasi Anemia

Sel darah merah, sel darah putih, serta hemoglobin dapat distabilkan dengan spirulina. Hasil percobaan yang dilakukan pada hewan terlihat bahwa spirulina membantu pembentukan sel darah merah yang menandakan superfood ini kaya akan zat besi.

Mengurangi Risiko Terjadinya Penyakit Kanker

Sprulina mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan tersebut diketahui dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan radikal bebas serta mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

Menjaga Kesehatan Jantung

Spirulina dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL), sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Efek ini menjadikan makanan ini baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Spirulina memiliki efek prebiotik yang dapat mendukung kinerja dan jumlah bakteri baik di dalam saluran cerna. Superfood ini juga dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan sehingga beragam nutrisi dari makanan dan minuman dapat diserap lebih baik oleh tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Spirulina dapat meningkatkan produksi nitrit oksida yang membuat pembuluh darah melebar dan lebih rileks sehingga tekanan darah menjadi lebih stabil. Selain itu, superfood ini juga mengandung kalium, yaitu mineral yang berperan penting dalam menurunkan dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

Menyehatkan Kulit

Masker spirulina dikenal baik untuk mengencangkan kulit. Selain itu masker ini bisa dengan alami mencerahkan kulit karena mampu mengeluarkan toksin dalam tubuh. Masker ini paling cocok dipakai untuk perawatan wajah.

Masih banyak manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan, di antaranya menjaga kadar gula darah tetap stabil, meningkatkan energi dan stamina, serta menjaga berat badan tetap ideal.

Sprirulina menjadi salah satu program penting Pemerintah Indonesia dalam ketahanan dan kemandirian pangan. Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB bekerjasama dengan Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB melakukan penelitian tentang diversifikasi produk pangan biskuit yang berbasis sumber karbohidrat lokal (sagu), konsentrat protein ikan, dan spirulina. Tim peneliti, yaitu Prof. Dr. Joko Santoso, Dr. Wini Trilaksani dan Dr. Iriani Setyaningsih memberikan sentuhan perbaikan agar produk pangan biskuit spirulina tersebut dapat digunakan masyarakat di pulau-pulau terluar. Formula yang dihasilkan dalam biskuit ini diharapkan dapat ikut serta menyukseskan program ketahanan dan kemandirian pangan terutama bagi masyarakat di pulau-pulau terluar.

Spirulina mampu menjadi sumber protein karena kandungan proteinnya sangat tinggi dan dapat memenuhi gizi sehari-hari. Superfood ini juga cocok untuk vegetarian karena sebagian besar  terdiri dari protein dan asam amino. (das)

Kunjungi Nursery Tanaman Hias Keren di Kota Bogor, Ini Link-nya:

IG : @amani.jungle

Tiktok : amani.jungle

Yuk, tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here