Home Kampus Pengaruh Penambahan Sari Kacang Merah dalam Pembuatan Yogurt Susu Kambing

Pengaruh Penambahan Sari Kacang Merah dalam Pembuatan Yogurt Susu Kambing

yoghurt susu kambing

Agrozine.id – Tahukah kamu, yogurt susu kambing ternyata memiliki kandungan gizi yang lebih unggul daripada susu sapi? Yoghurt merupakan salah satu produk fermentasi yang digemari banyak orang karena selain rasanya yang enak, kandungan gizinya yang cukup tinggi. Lalu bagaimana jika makanan ini diberi tambahan sari kacang-kacangan guna menambah nilai gizi?

Adalah Inayah Andari Pangesti, sarjana Prodi Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya melakukan penelitian terkait penambahan sari kacang merah (Phaseolus vulgaris L) pada susu kambing dalam pembuatan yoghurt.

“Yogurt yang terbuat dari sari kacang-kacangan sebenarnya sangat berpotensi untuk dikembangkan karena nilai kandungan gizi yang tinggi. Kacang merah mengandung jenis karbohidrat yang berbeda dengan susu, karbohidrat kacang merah terdiri dari golongan oligosakarida yang dapat menggantikan laktosa yang terkandung dalam susu,” ungkap perempuan asal Bandar Lampung ini.

Baca Juga : Ternak Kambing Dengan Cara Modern, Bisa?

Inayah berharap dengan adanya penelitian yang dilakukan ini dapat diketahui kualitas penambahan sari kacang merah pada yoghurt susu kambing ditinjau dari derajat keasaman/ pH, kadar protein, total asam dan daya ikat air serta mengetahui perlakuan terbaik dalam substitusi susu kambing dengan sari kacang merah dalam pembuatan yogurt.

Dalam penelitiannya, Inayah menggunakan susu kambing dengan penambahan kacang merah serta 2 starter bakteri yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.

Setelah dilakukan analisis ragam dan uji statistik, diketahui substitusi susu kambing dengan sari kacang merah memberikan pengaruh yang sangat nyata pada pembuatan yogurt ditinjau dari nilai pH, kadar protein, total asam dan daya ikat air.

Penambahan sari kacang merah dalam pembuatan yoghurt susu kambing dapat meningkatan nilai pH akan tetapi dapat menurunkan nilai kadar protein, total asam dan daya ikat air.

“Semakin banyaknya sari kacang merah yang ditambahkan pada yogurt maka nilai pH akan semakin meningkat. Namun, rata-rata nilai kadar protein pada setiap perlakuan mengalami penurunan pada setiap penambahan proporsi sari kacang merah, begitu juga dengan total asam dan daya ikat air,” ungkap Inayah.

Lebih lanjut, Inayah menjelaskan penambahan sari kacang dalam pembuatan fermentasi susu kambing ini menyebabkan penurunan aktifitas bakteri asam laktat akibat meningkatnya daya ikat air. Penurunan aktifitas bakteri asam laktat menyebakan penurunan total keasaman sehingga pH naik dan protein terkoagulasi.

Pada penelitiannya ini, nilai perlakuan terbaik diketahui dari perlakuan dengan proporsi susu kambing : sari kacang merah sebesar 80:20% terhadap pH, kadar protein, total asam dan daya ikat air.

Baca juga: Tips Ternak Kambing Perah Untuk Pemula

Meski penelitiannya ini belum sesuai dengan harapan, Inayah berharap kedepannya ada penelitian lebih lanjut terkait karakteristik pada kacang merah sebagai bahan tambahan dalam pembuatan yogurt.

“Sebaiknya pembuatan yogurt dapat ditambahkan dengan bahan penstabil lain sehingga dapat meningkatkan kualitas mutu yogurt,” tutup perempuan kelahiran 15 September 1995 ini tentang inovasi penelitiannya tentang yogurt susu kambing. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here