Home Pertanian Tips Memulai Usaha Pertanian, Konsisten dan Ketekunan Menjadi Modal Utama

Tips Memulai Usaha Pertanian, Konsisten dan Ketekunan Menjadi Modal Utama

Tips Memulai Usaha Pertanian

Agrozine.id – Menggeluti usaha di bidang pertanian adalah hal yang sangat menjanjikan. Namun tak jarang banyak orang yang tidak berhasil di bisnis ini, lantaran ketidaksabaran. Kebanyakan dari mereka mengharapkan hasil terlalu cepat dari usaha yang dilakukannya. Bagi kamu yang masih pemula, berniat ingin menggeluti usaha pertanian, tidak ada salahnya jika kamu mengikuti tips-tips memulai usaha pertanian berikut ini. Kali ini tim Agrozin.id akan membahas tips memulai usaha pertanian yang merupakan hasil wawancara bersama salah seorang petani milenial muda di Kintamani Bali.

Menurut Ratna Sari Dewi, perempuan berusia 28 tahun yang sudah menggeluti usaha di bidang pertanian selama 5 tahun ini, konsisten, kesabaran dan ketekunan adalah modal utama dalam membangun usaha pertanian. Mau menggali apapun yang dirasa masih kurang dan perlu diperbaiki menjadi modal Ratna untuk bertahan menjalankan bisnis pertanian sayuran yang digelutinya.

Baca Juga : Pendidikan Vokasi Pertanian Ada Dimana Saja?

Tips Memulai Usaha Pertanian

Telah mengalami berbagai kegagalan tidak membuat Ratna menyerah dengan usahanya. Hal tersebut membuatnya belajar dari pengalaman dan kini bisa dikatakan ia menjadi satu-satunya petani muda yang ada di desa Belong, Sunter Kintamani.

Selanjutnya jika niat dan ketekunan sudah dimiliki, yang harus dilakukan adalah menyiapkan lahan yang sesuai dengan kriteria tanaman yang ingin dibudidayakan. Selain itu yang perlu dilakukan selanjutnya adalah perawatan dan pemeliharaan tanaman menjadi hal yang harus dipahami oleh seorang penggiat usaha pertanian.

Dalam proses perawatan tanaman, perlu diketahui sebagai tips yakni jenis pupuk yang baik digunakan untuk jenis tanaman yang kita pilih untuk dibudidayakan. Saat ini tersedia berbagai jenis pupuk organik maupun kimia yang bisa digunakan untuk merawat tanaman. Namun dikatakan Ratna, tanaman yang menggunakan pupuk organik secara keseluruhan dalam perawatannya biasanya memiliki tampilan yang kurang menarik jika dibandingkan dengan tanaman yang menggunakan pestisida kimia.

Baca juga : Aku Petani Indonesia: Gerakan Regenerasi Penerus Pertanian Indonesia

Dalam hal perawatan dan pemeliharaan tanaman, ketersediaan air juga menjadi tips memulai usaha pertanian yang sangat penting agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Menurut Ratna, tips memulai usaha selain konsisten dan tekun juga diperlukan keingintahuan yang tinggi, tidak bisa hanya sekedar ikut-ikutan saja. “Kalau mau memulai usaha di pertanian itu tipsnya yang pertama harus sabar dan tekun. Yang kedua harus senang, bukan cuma mau ikut-ikutan terus nantinya bosa karena memang kalau bertani ini kan prosesnya bukan yang sekali tanam langsung tumbuh gitu. Jadi sangat diperlukan kesabaran dan kekonsistenan”, pungkasnya. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here